Cara Kerja Kapal Selam Bertenaga Nuklir dan Diesel-Listrik

Kapal selam telah menjadi bagian terpenting bagi Angkatan Laut suatu negara. Kemampuannya bergerak di dalam permukaan air membuat kapal selam kerap diandalkan untuk melakukan patroli, pengintaian, hingga perang di lautan.

Selain senjata atau sonar, mesin merupakan bagian vital dari kapal selam. Mesin mempengaruhi kemampuan kapal selam bermanuver dan bertahan selama menjalankan misi.

Melansir Explain That Stuff, kapal selam pada umumnya menggunakan mesin diesel-listrik. Namun, beberapa perusahaan telah berhasil menciptakan kapal selam dengan mesin bertenaga nuklir.

Kapal selam dengan mesin diesel-listrik mengandalkan generator listrik untuk menggerakkan baling-baling. Jadi, mesin diesel bertugas untuk mengisi penuh baterai pada generator listrik.

Setelah mesin diesel mengisi penuh baterainya, kapal selam dapat mematikan mesinnya dan masuk ke dalam air, di mana ia bergantung sepenuhnya pada daya baterai.

Kapal selam militer awal menggunakan tabung pernapasan yang disebut snorkel untuk memasukkan udara ke mesin dari udara di atas laut. Namun, proses itu membuat kapal selam harus beroperasi sangat dekat permukaan yang rentan terhadap serangan dari pesawat terbang.

Saat ini, beberapa kapal selam militer telah bertenaga nuklir. Seperti pembangkit listrik tenaga nuklir, kapal selam itu memiliki reaktor nuklir kecil dan tidak memerlukan udara untuk beroperasi. Kapal selam itu dapat menghasilkan tenaga untuk menggerakkan motor listrik dan baling-baling, baik di permukaan maupun di bawah air.

Mengutip EPA, kapal selam bertenaga nuklir didukung reaktor nuklir. Atom di reaktor nuklir yang terpecah dapat melepaskan energi panas yang digunakan untuk membuat uap bertekanan tinggi.

Uap itu nantinya akan memutar turbin penggerak hingga memberikan tenaga untuk memutar baling-baling. Turbin tambahan juga menghasilkan listrik untuk kapal. Saat mendingin dan mengembun, uap yang menjadi air diarahkan kembali melalui sistem untuk memulai prosesnya lagi.

sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210423133827-199-633883/cara-kerja-kapal-selam-bertenaga-nuklir-dan-diesel-listrik

Related posts

Leave a Comment