Sejarah Android, dari Ditolak Samsung hingga Dibeli Google

Pengguna smartphone pasti sudah tak asing dengan sistem operasi yang sering kali dinamai dengan berbagai nama-nama makanan manis. Ya, siapa lagi kalau bukan Android. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ini dinobatkan sebagai OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Pada 2019, pengguna Android tercatat mencapai 1,6 miliar pengguna. Menurut data statista, pada Januari 2021, Android semakin mengukuhkan dirinya sebagai sistem operasi paling dominan, dengan menguasai nyaris 72 persen pangsa pasar OS smartphone. Namun, tahukah kalian bahwa awalnya Android bukan dirancang sebagai sistem operasi ponsel, melainkan didesain untuk kamera digital. Hal ini terungkap, ketika salah satu pendiri Android, Andy Rubin menyampaikan sebuah sambutan di Tokyo pada 2013 silam. Baca juga: Profil Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Jadi Pendiri Android Rubin mengatakan bahwa Android mulanya dirancang untuk digunakan pada kamera digital. Namun, akhirnya berubah pikiran dan mengembangkan Android sebagai sistem operasi ponsel. Versi pertama Android 1.0 dirilis ke publik pada November 2007 silam. Sejak saat itu, Android terhitung sudah merilis setidaknya lebih dari 10 versi utama dari Android. Beberapa versi Android yang paling populer menurut data statista ialah Mashmallow, Nougat, dan Lollipop. Sejak diluncurkan 13 tahun silam, Android sudah banyak bertransformasi, baik dari segi antarmuka hingga fitur yang dibawa.

Rubin mengatakan bahwa Android mulanya dirancang untuk digunakan pada kamera digital. Namun, akhirnya berubah pikiran dan mengembangkan Android sebagai sistem operasi ponsel. Versi pertama Android 1.0 dirilis ke publik pada November 2007 silam. Sejak saat itu, Android terhitung sudah merilis setidaknya lebih dari 10 versi utama dari Android. Beberapa versi Android yang paling populer menurut data statista ialah Mashmallow, Nougat, dan Lollipop. Sejak diluncurkan 13 tahun silam, Android sudah banyak bertransformasi, baik dari segi antarmuka hingga fitur yang dibawa.

Ditertawakan Samsung, dibeli Google

Google sebenarnya tidak benar-benar melahirkan Android dari awal. Adalah Rich Miner, Nick Sears, Chris White, dan Andy Rubin-lah orang-orang berjasa di balik kelahiran Android. Keempatnya mendirikan Android Inc pada Oktober 2003 silam di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Rubin mengungkapkan, awalnya, Android dirancang untuk meningkatkan sistem operasi pada kamera digital. Namun, rencana tersebut pupus karena perusahaan melihat pasar kamera digital tengah menurun dan tidak sebesar pasar ponsel. Alhasil, Android Inc akhirnya memutuskan untuk mengembangkan Android sebagai sistem operasi ponsel untuk menyaingi Symbian yang kala itu merajalela. Ketika itu, Rubin mengatakan bahwa Android Inc akan mengembangkan “perangkat seluler yang lebih cerdas, yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi pemiliknya”. Sayangnya di tahun yang sama Rubin kehabisan uang. Dengan pengembangan yang telah berjalan kurang lebih setahun, Rubin perlu mencari pemodal besar agar proyek bisa berlanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sejarah Android, dari Ditolak Samsung hingga Dibeli Google”, Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2021/04/28/20030057/sejarah-android-dari-ditolak-samsung-hingga-dibeli-google.
Penulis : Galuh Putri Riyanto
Editor : Yudha Pratomo

Related posts

Leave a Comment